Saturday, December 8, 2012

Bawang Putih sebagai Bahan Pengobatan

Setiap orang sudah mengenal Bawang putih apalagi para ibu-ibu rumah tangga tentunya hampir setiap hari menjumpai Bawang putih di dapur masing-masing. Selain untuk bumbu masakan, bawang putih bisa digunakan sebagain ramuan kesehatan. Hal ini dikarenakan Bawang putih memiliki senyawa allicin kimia yang merupakan bahan terapi untuk obat berkualitas. Senyawa allicin mengandung belerang, yang memberikan bawang putih aroma yang cukup menyengat. Diantara berbagai manfaat yang banyak diketahui adalah untuk membantu melawan penyakit jantung, melawan dingin, batuk serta dapat menurunkan tingkat tekanan darah.

Bawang putih adalah tanaman tertua yang dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan atau sebagai bagian dari rempah-rempah yang ada dibumi ini. Manusia mengakui kualitas bawang putih untuk pencegahan penyakit yang dianggap sebagai ramuan ajaib sejak lebih dari 3000 tahun. Penemu Penisilin terkenal bernama Sir Louis Pasteur memanfaatkan secara efektif anti-bakteri dari bawang putih berkualitas pada tahun 1858. Saat Perang Dunia di dunia medis para ahli bedah memanfaatkan khasiat dari jus bawang putih sebagai anti-septik dalam mengobati luka-luka tubuh akibat perang. Bawang putih memiliki kandungan mineral yang sangat berguna seperti fosfor, kalsium dan juga zat besi . Mineral yang dapat dijumpai di dalam  yodium, sulfur dan klor juga hadir dalam siung bawang putih disamping senyawa seperti allicin, allisatin1 dan 2.
Manfaat Bawang Putih

Beberapa Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan
  • Diabetes: Diabetes dapat membahayakan ginjal dan fungsi sistem saraf manusia, dapat menyebabkan gangguan pada jantung dan bahkan menyebabkan penglihatan menjadi berkurang. Kandungan minyak dari ekstrak bawang putih dapat menolong pasien diabetes dari efek samping.
  • Kadar kolesterol tinggi: Ada dua jenis kolesterol-LDL dan HDL. LDL adalah tidak bagi kesehatan manusia. Kandungan di dalam Bawang putih yang kaya akan allicin kompleks sangat efektif dalam mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL. Bagi orang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi dianjurkan untuk menambahkan bawang putih didalam makanannya sehari-hari.
  • Hipertensi: Bawang putih merupakan bahan herbal untuk menyembuhkan hipertensi. Pada saat seseorang terkena serangan tekanan darah tinggi, allicin yang terkandung didalam bawang putih akan melemaskan pembuluh darah. Bawang putih bekerja keras melawan trombosis dengan cara mengurangi agregasi trombosit dalam darah.
  • Pencernaan: Menyertakan bawang putih dalam makanan sehari hari dapat menghilangkan berbagai masalah pencernaan. Kandungan bawang putih dapat membantu menormalkan fungsi dari usus dalam proses pencernaan yang lebih baik. Bahkan dari setiap pembengkakan atau iritasi yang terjadi di saluran lambung dapat terobati dengan khasiat kandungan dalam bawang putih. 
  • Perawatan mata: Kandungan bawang putih sangat kaya akan nutrisi seperti Selenium, Quercetin dan Vitamin C yang dapat membantu mengobati infeksi pada mata atau pembengkakan sekitar mata.
  • Earache: Bawang putih dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit telinga, karena memiliki kandungan yang bersifat antivirus, antijamur dan antibiotik. Minyak bawang putih bisa dengan mudah dibuat sendiri dirumah; dengan cara membuat jus siung bawang putih dan menambahkannya ke minyak zaitun. Campuran harus disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari.
  • Masalah pencernaan: Bawang putih dapat membersihkan sebagian besar masalah usus seperti disentri, diare dan radang usus besar. Hebatnya bawang putih juga dapat mengusir cacing, meskipun tidak akan mempengaruhi fungsi organisme lainnya yang berguna dalam usus, jadi hanya membantu pencernaan tetapi tidak membunuh bakteri berbahaya yang ada dalam usus.
  • Dingin: bawang putih mentah juga dimanfaatkan sebagai obat melawan dingin dan batuk. Pada saat awal merasa sangat dingin (menggigil), dianjurkan harus makan bawang putih minimal dua siung, sehingga akan membantu dalam mengurangi rasa menggigil / dingin.
  • Infeksi Luka: Bawang putih dapat ditemukan pada tempat luka yang terinfeksi sebagai pengobatan herbal. Sebelumnya harus dicampur dengan tiga tetes air , daripada menggunakan dalam bentuk mentah (seperti jus langsung) dapat mengiritasi kulit.
  • Jerawat: Hampir semua orang mengalami yang namanya jerawat kebanyakan saat berusia remaja.  Manfaatkan bawang putih ditambah dengan bahan lainnya seperti madu , krim dan kunyit untuk menghilangkan bekas jerawat dan bahkan mencegah pertumbuhan jerawat kembali karena Bawang putih berfungsi sebagai pembersih dan antibiotik.
  • Asma: Rebuslah siung bawang putih untuk manfaat dalam pengobatan bagi pendertia asma. Dianjurkan dilakukan setiap malam sebelum tidur, segelas susu ditambah 3 siung bawang putih lalu direbus dapat membantu pasien tersebut. Serangan asma dapat dilawan dengan mengkonsumsi siung bawang putih dihancurkan dengan cuka malt.
  • Masalah seksual: Bawang putih mempunyai sifat afrodisiak, yang dimanfaatkan sebagai mujarab kekuatan seks. Manfaat kesehatan dari bawang putih adalah lebih dikenal untuk meningkatkan libido baik pria & wanita. Orang yang overindulge dalam aktivitas seksualnya dianjurkan mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk makanan atau suplemen untuk melindungi diri mereka dari kelelahan saraf.
  • Kanker: Secara teratur melakukan asupan bawang putih dapat mengurangi resiko kanker usus besar, lambung dan esofagus. Kandungan bawang putih membantu mengurangi produksi senyawa karsinogenik, yang akhirnya akan mengurangi terjadinya tumor dan kanker payudara.

Manfaat kesehatan dari bawang putih telah dibuktikan berabad-abad yang lalu oleh umat manusia. Bawang putih sangat efektif bila dimakan mentah-mentah, dihancurkan ataupun dicincang halus. Hanya satu siung bawang putih per hari dapat membawa kemajuan besar dalam kesehatan Anda. 2 sampai 3 siung bisa mencegah serangan flu biasa. Bawang putih yang digunakan untuk memasak harus ditambahkan berlangsung selama manfaat lebih. Tapi konsumsi bawang putih terlalu banyak juga tidak baik karena dapat menyebabkan iritasi di sistem pencernaan.  

Bawang putih sangat dianjurkan ditambahkan sebagai bagian dari diet normal anda agar sehat sebagai alternatifnya. Satu-satunya kelemahannya adalah yang bau menyengat dan meninggalkan rasa yang kuat,. Patut kita syukuri dan akui bahwa khasiat dari bawang putih adalah anugerah obat bagi umat manusia.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment