Saturday, January 12, 2013

Manfaat Daun Jambu Biji

Khasiat dan manfaat Daun jambu biji dapat diperoleh dari daunnya yang masih muda atau pucuk daun. Daunnya ini bermanfaat antara lain untuk deodoran alami, mengobati luka memar dan sebagai obat diare. Khasiat daun biji yang lain seperti mampu mempercepat sembuh dari batuk pilek dan flu.

Secara praktis daun jambu biji biasanya dikeringkan kemudian dibuat teh, sehinga hanya menyeduh dengan air panas sudah kita dapatkan khasiat yang terdapat didalamnya. Secara rangkuman berikut ini adalah manfaat dan khasiat dari daun jambu biji.
Manfaat Daun Jambu Biji
Khasiat Daun Jambu Biji


Manfaat Jambu Biji
Khasiat Jambu Biji

Manfaat dan Khasiat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan :

1.    Mengobati Penyakit Diabetes
Dari hasil penelitian Yakult Central Institute Tokyo Jepang yang mengkhususkan diri dalam meneliti mikroba menemukan bahwa teh yang berasal dari daun jambu biji sangat efektif dalam menurunkan glukosa dalam darah bagi penderita Diabetes. Anjuran minum air the seduhan ini mampu memperlambat enzim alpha-glukosidase. Kontrol kadar gula darah amatlah penting bagi penderita diabetes atau prediabetes agar tidak mudah menimbulkan komplikasi akut.

2.    Mengobati Penyakit Diare dan Disentri
Kebanyakan masyarakat Jawa percaya bahwa jamu yang berasal dari daun jambu biji sangat berkhasiat dan mudah diracik.
Cara meracik Jamu daun jambu biji:
Siapkan daun jambu biji yang masih muda atau pucuk sebanyak 2-3 lembar.
Cuci bersih daun jambu biji
Daun Jambu biji ini yang masih muda dapat langsung saja dimakan tambahkan sedikit garam agar tidak terasa terlalu pahit dan sepat. Pucuk daun Jambu biji dapat direbus dulu bila berkenan.
Apabila sudah dalam bentuk the maka cukup diseduh sedikit menggunakan air panas.
Jika masih merasa kurang dari segi rasa maka anda boleh tambahkan sedikit madu untuk rasa manisnya.

3.    Mencegah infeksi luka luar
Dari hasil penelitian di Federal Technology University di Negara Nigerai membuktikan bahwa khasiat daun jambu biji dapat dipakai untuk mengobati berbagai luka luar yaitu luka sayatan, luka karena benturan, luka lecet, dan lainnya. Daun jambu biji mengandung zat anti bakteri sehingga mampu melawan infeksi serta kandungan steroid mampu mencegah peradangan dengan demikian luka akan cepat sembuh. Dalam keadaan darurat Anda dapat menumbuk daun biji dan mengoleskan pada bagian tubuh yang terluka

Jambu biji dikenal dengan nama latin Psidium guajava L tak hanya berkhasiat karena tinggi kandungan gizi juga kaya akan kandungan zat kalsium, kalium, zat besi, asam folat, vitamin A, B, C. Sedangkan kandungan vitamin C yang terdapat pada Jambu Biji adalah 2 kali lipat banyaknya dibanding vitamin C yang terkandung dalam jeruk manis. Jambu biji berukuran sedang memiliki empat kali lipat banyaknya vitamin C dan betakroten dibanding dengan sebuah jeruk. Jambu Biji yang sudah matang mengandung vitamin C paling banyak yang terdapat pada kulit dan daging buah.

Berikut ini manfaat memakan buah jambu biji antara lain:

1. Mampu menurunkan berat badan
Adanya tinggi serat dan vitamin pada jambu biji mampu menurunkan berat badan Anda. Serat membuat Kita cepat merasa kenyang sehingga anda tidak akan makan terlalu banyak.

2. Kulit wajah menjadi bebas jerawat
Kandungan cukup tinggi Astringen pada jambu biji mampu meningkatkan kualitas tekstur dari kulit sehingga dimanfaatkan sebagai antipenuaan dan juga menghilangkan jerawat, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan sehat.

3. Mampu Menurunkan kolesterol
Jambu biji mengandung zat pektin yaitu serat yang mudah larut dalam air. Karena itu kandungan pectin bermanfaat dalam menurunkan kolesterol.

4. Menghilangkan Flu
Anjuran banyak makan buah jambu biji pada saat Flu akan menolong mencairkan lender karena jambu biji mengandung zat besi dan vitamin C yang berfungsi sebagai desinfektan pada saluran pernapasan dan melawan virus Flu.

5. Mampu menurunkan gula darah
Buah dan daun jambu biji mampu menolong menurunkan kadar gula dalam darah sehingga dapat dijadikan herbal bagi penderita diabetes, mampu meningkatkan produksi hormon Insulin. Adapun fungsi Insulin adalah untuk mengubah gula dalam darah menjadi gula otot sehingga tidak ada kelebihan gula dalam darah.

6. Mampu mencegah sembelit
Kandungan tinggi akan serat menjadikan jambu biji efektif sebagai obat pencahar

7. Mampu meningkatkan asupan antioksidan
Kulit dan biji jambu biji merupakan antioksidan alami yang antara lain berupa likopen, yang mampu melindungi tubuh dari terkena penyakit kanker.

8. Mampu mencegah Kanker Prostat
Hasil studi melaporkan bahwa likopen yang terkandung pada jambu biji muda mampu mencegah pengrusakkan kulit karena efek sinar UV dan juga memberikan perlindungan dari kanker prostat.

9. Sebagai obat demam berdarah ( DBD ),
Jambu biji dipercaya mampu mengobati demam berdarah (DND) meskipun belum ada penelitian mengenai manfaat dan khasiat daun jambu biji ini. Dipercayai bahwa jambu biji merah mampu meningkatkan trombosit dalam darah pada penderita demam berdarah. Kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada jambu biji merah dan juga mampu mempercepat pemulihan pada orang sakit dengan tanpa ada efek samping.

No comments:

Post a Comment