Tuesday, January 8, 2013

Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan

Daun selada merupakan sayuran yang berasa cukup pahit dan biasanya digunakan sebagai campuran di roti burger, hotdog , nasi goreng atau pecel lele. Biasanya selada tidak disukai oleh anak-anak pada saat makan nasi goreng, burger atau hotdog dan ada pula orang dewasa yang malas memakannya saat menyantap pecel lele. Akan tetapi alasan utaman bagi yang suka makan sayur selada ini karena mengetahui manfaat dan khasiat daun selada bagi kesehatan. Daun selada banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang dapat mengobati dan melindungi tubuh kita dari beberapa penyakit.

Daun selada mengandung banyak vitamin dan beta karoten. Apabila mengkonsumsi daun selada yang masih segar sebanyak 100 gram berarti kita sudah mencapai 247% kebutuhan akan vitamin A dalam sehari. Manfaat Beta karoten adalah melawan berbagai macam sel kanker, dan mencegah serangan jantung dan penyakit katarak. Terbukti bahwa semakin gelap warna dari daun selada berarti semakin banyaklah manfaat dan khasiat daun selada yang tinggi akan kandungan dari beta karoten di dalam selada tersebut.

Kandungan zeaxanthin yang terdapat di dalam daun selada merupakan salah satu nutrisi penyedia antioksidan dan mampu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Zat Zeaxanthin ini dipercaya dapat melindungi para orang-orang tua terkena penyakit yang berkaitan dengan usia lanjut.
khasiat daun selada
Manfaat Daun Selada

Kandungan vitamin K, vitamin C dan folat juga terdapat pada daun selada. Vitamin K berguna untuk memperkiat tulang, sedangkan vitamin C berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Zat Folat berguna banyak untuk para ibu semasa hamil, karena folat diperlukan dalam sintesis DNA maka zat ini penting dalam mencegah cacat tabung saraf pada janin di dalam rahim selama masa kehamilan.

Karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun selada mudah hilang, karena itu dianjurkan agar selada disimpan di dalam kantung plastik atau di masukkan ke dalam kulkas. Apabila disimpan dalam kulkas ternyata daun selada dapat bertahan tidak rusak sampai 3 hari.

Pestisida banyak digunakan para petani pada tanaman buah-buahan dan juga sayur-sauran termasuk tanaman selada ini karena itu berhati-hatilah sebelum mengkonsumsi daun selada, agar selalu mencuci bersih dengan air dingin sebelum dimakan agar racun pestisida yang masih tertinggal pada daun tidak turut termakan.

Pastikan memilih daun selada yang masih segar warnanya dan batangnya masih segar ( terasa crispy batangnya ) sehingga kandungan nutrisi dalam daun selada masih lengkap dan tidak rusak.

Biasaya daun selada di gunakan sebagai sayuran penghias makanan, atau dikenal sebagai sayuran lalapan bagi masyarakat sunda akan tetapi sebenarnya daun selada memiliki kandungan gizi tinggi yang sangat baik bagi kesehatan kita.

Beberapa vitamin dan zat lain yang terdapat dalam tanaman selada antra lain vitamin seperti A, C, E, K, begitu pula zat-zat lainnya seperti etakaroten, seng, asam folat, magnesium, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, dan natrium. Hasil pengkajian juga menunjukkan bahwa Selada mengandung bioflavonoid dengan fungsi yang hampir sama dengan vitamin C dalam mempertahankan fisik supaya tetap awet muda. Secara kimiawi Bioflavonoid memiliki fungsi mempekuat pembuluh darah supaya tidak mudah pecah, sehingga selada sangat baik untuk mencegah terkena stroke.

Selada juga terbukti mampu melindungi paru-paru, selain mencegah kanker dan stroke, juga memelihara hati dan mengatasi anemia dan penyakit bronkitis. Kandungan antioksidan pada daun selada yang tinggi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta berfungsi mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh.

Selada dapat dimanfaatkan dalam mengobati penyakit tuberkulosis, kudis, dan bersifat antibakteri. Daun Selada mengandung PEITC (phenethyl isothiocynate) yaitu agen kemopreventif yang akan melawan kanker paru serta menangkal radang selaput lendir pada saluran pernapasan.

Daun selada sekarang banyak digunakan dalam perawatan kecantikan wanita sebagai bahan kecantikan yang natural dan tanpa efek samping. Caranya adalah daun selada air dilumatkan terlebih dahulu sampai halus kemudian dioleskan pada kulit atau dipakai sebagai masker wajah. Khasiatnya dapat mengatasi jerawat, bintik-bintik hitam atau noda hitam pada wajah.

Manfaat atau khasiat lain dari Daun Selada dapat dirangkum sebagai berikut:
a. Untuk membantu pembentukan sel darah putih dan sel darah merah pada susunan sumsum tulang belakang
b. Untuk mengurangi resiko terkena kanker dan tumor
c. Untuk mengurangi resiko terkena penyakit mata katarak
d. Untuk memperlancar pencernaan dan kesehatan organ-organ tubuh di sekitar hati
e. Untuk menghilangkan masalah anemia
f.  Untuk memperbaiki proses penyembuhan pengidap penyakit stroke ataupun gangguan jantung
g. Untuk menghilangkan gejala insomnia

Semoga bermanfaat bagi anda semua para pembaca setia Blog ini setelah membaca uraian singkat manfaat dan khasiat daun selada.

No comments:

Post a Comment