Tuesday, January 8, 2013

Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan

Sangat jarang masyarakat yang mengenal bentuk atau rupa dari pohon Jarak yang dikenal dengan bahasa latinnya :Jatropha Curcas L. Karena itu jarang yang mengetahui kalau Manfaat dan Khasiat daun jarak adalah cukup banyak yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Beberapa manfaat atau khasiat daun jarak yang saat ini diketahui oleh sebagian masyarakat adalah :
- Daun Jarak bermanfaat dalam penyembuhan masuk angin pada bayi
- Daun Jarak juga bermanfaat dalam menurunkan suhu panas pada badan bayi
- Daun jarak dapat digunakan dalam menyembuhan susah buang air besar atau sebagai obat pencahar
Khasiat daun jarak
Manfaat Daun Jarak

Adapun cara penggunaanya adalah:

1. Obat masuk angin atau menurunkan panas pada badan bayi
Cara: Sediakan  2-3 helai daun jarak kemudian daunnya diolesi minyak makan yang masih baru. Panaskan daun diatas nyala api kompor selama lebih kurang 1-2 menit, kemudian setelah dirasa merata panasnya, daun ini diletakkan pada perut atau punggung bayi, supaya tidak terlepas dapat dipasangkan dibawah gurita bayi.
   
2. Obat pencahar atau susah buang air besar
Cara:  Sediakan daun jarak yang masih segar, kemudian daun dikukus lalu bisa dimakan sebagai lalapan.

Dari manfaat dan khasiat daun jarak diatas maka sudah sewajarnya bila kita dapat menamanya dipekarangan rumah. Karena pohon jarak memerlukan halaman pekarangan yang cukup besar maka akan sulit untuk ditanam di pot. Alternatif lain adalah dengan mengetahui dan mengenal tetangga atau orang yang memiliki pohon jarak di pekarangan rumah atau kebun nya sehingga sewaktu-waktu kita memerlukan daun jarak kita bisa meminta tolong orang tersebut untuk memberikan beberapa lembar daun jarak sebagai persediaan darurat atau pertolongan pertama pada bayi anda bila terkena masuk angin, atau demam.

Dalam pengembangbiakan tanaman Jarak yaitu menggunakan biji jarak. Ada jenis jarak lain yang jarang ditemui adalah pohon jarak merah yang merupakan bagian dari pohon jarak pagar. Bahasa latin dari Jarak merah adalah Jatropha gossypifolia L,  yaitu sebagai tanaman etnobotani yang dapat dijadikan untuk sumber obat-obatan tradisional.

Beberapa khasiat dan manfaat dari jarak merah ini adalah misalnya biji digunakan sebagai obat pencahar. Akan tetapi dari beberapa literatur myebutkan kalau penggunaan biji jarak untuk pengobatan herbal DILARANG hal ini disebabkan kandungan toksiksitasnya yang cukup tinggi Sebagai contoh beberapa negara misalnya Trinidad, phon jarak merah dimanfaatkan secara etnoveterinari oleh para pemburu dalam penyembuhan patukan ular,  dari sengatan kalajengking, mengobati luka dan kudis yang menimpa anjing para pemburu. Di negara Ghana, khasiat rebusan daun jarak merah dimanfaatkan dalam pengobatan untuk mandi. Khasiat lainnya dari daun Jarak Merah antara lain mampu mengobati sakit gigi, menghentikan pendarahan gusi, serta menghilangkan rasa nyeri, dan juga sembelit.

Hasil beberapa penelitian farmakologi yang melakukan pengujian terhadap J. gossypifolia di antaranya yaitu kajian ekstrak daun jarak pada 10 macam jenis mikroorganisme ( seperti: Candida albicans, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis). Dari percobaan ekstrak etanol daun Jarak merah mampu menimbulkan efek vaksorelaksan pada tikus percobaan dalam kondisi normal.

Dari penelitian yang dibuat oleh Ravinadrath dan teman-temannya terhadap jatrofenon adalah senyawa yang berhasil diisolasi dari akar jarak merah memperlihatkan aktivitas anti mikroba terhadap microorganisma sejenis Staphylococcus aureus yang memiliki daya kerja sebanding dengan Penicilin G. Beberapa senyawa yang kemudian berhasil diisolasi dari jarak merah antara lain alkaloid jatroiden, isogadain, cleomiscosin, dan juga propasin, clilatrione, jatrofon, serta senyawa lainnya yakni jatrofenon, jatrofolon A-B, fraxetin, cyclogossine A-B serta 18 senyawa ekstrak lipid lain dari daun jarak merah ini.
Semoga info mengenai manfaat atau khasiat daun jarak bisa kita gunakan bagi kesehatan keluarga dan sebarkan kepada orang lain manfaat ini.

1 comment:

  1. kalau manfaat jarak merah ada tidak?? atau sama?

    ReplyDelete