Wednesday, December 12, 2012

Manfaat Buah Tomat

manfaat buah tomat
Manfaat Buah Tomat
Semua orang tentunya kenal Tomat? Buah Tomat memiliki rasa yang khas yakni sedikit manism asam serta agak dingin daging buahnya. Biasanya Tomat dapat dimakan langsungm dibikin jus, saus, campuran dalam segala jenis masakan atau sayuran, dan dibikin sambal. Buah yang bentuk dan warnanya indah ini bisa muncul tanpa kenal musim dan ternyata mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berkhasiat menghilangkan haus, antiseptik usus, pencahar ringan (laksatif), menambah nafsu makan dengan cara memperbanyak keluarnya air liur, merangsang keluarnya enzim lambung, dan melancarkan aliran empedu ke usus.

Buah Tomat memiliki banyak varietas antara lain tomat yang berukuran besar, tomat sayur berukuran lebih kecil dan tomat ceri yang berukuran sebesar kelereng. Tomat-tomat ini memiliki kandungan unsur gizi yang serupa, yaitu kaya akan vitamin A,C,mineral,serat serta zat fitonutrien. Keisitimewaan lainnya adalah mempunyai kandungan likopen yang tinggi yang membuat warna merah pada kulit buah tomat. Likopen ini terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Likopen dapat mengurangi resiko terkena kanker, khususnya kanker pada prostat, lambung,tenggorokan juga usus besar. Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat di dalam tomat mampu melemahkan zat nitrosamin penyebab kanker. Tomat juga mengandung Vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan mata.

Kini buat Tomat sudah digunakan di industri kecantikan, produksi masker dan pil anti penuaan dengan bahan dasar tomat. Kandungan Zat lain berupa tomatin yang bersifat antiinflamasi digunakan dalam penyembuhan luka dan mengobati jerawat. Tomat juga memiliki sifat antipiretik sebagai penurun demam. Apalagi kandungan serat yang tinggi bermanfaat mengobati ganguan pencernaan seperti diare, sembelit dan wasir.

Dari hasil penelitian DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio tahun 1834 menunjukkan bahwa tomat juga berkhasiat menormalkan fungsi lever dan serangan empedu. Penelitian dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia menunjukkan bahwa gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat berkhasiat mencegah penggumpalan/pembekuan darah sebagai penyebab stroke dan penyakit jantung.

Buah Tomat diakui dapat mengobati lemah syahwat serta menambah jumlah sperma dan kegesitan gerakan sperma. Dari hasil penelitian di Amerika, laki-laki yang mengonsumsi sedikitnya sepuluh porsi buah tomat yang dimasak dalam seminggu akan menurunkan risiko terkena kanker prostat sampai 45%. Hal ini karena adanya kandungan Likopen dalam buah Tomat.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa tomat berkhasiat bagi kesehatan jantung dan penangkal radikal bebas. Adanya kandungan karoten pada tomat yang dipercaya dapat mencegah timbulnya tumor dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Buah Tomat yang dimasak terlebih dahulu ternyata tidak akan menghilangkan kandungan likopennya. Justru tomat menjadi lebih baik bila dikonsumsi setelah proses pemasakan, jumlah likopen akan meningkat 10x lipat apabila tomat sudah menjadi saus ataupun pasta tomat. Likopen merupakan bagian dari karotenoid yang larut dalam lemak, namun likopen yang larut di dalam lemak justru sulit diserap oleh tubuh. Maka disarankan mengolah dahulu tomat dengan cara rebus ataupun kukus.

Dari penjelasan tadi kita mengenal berbagai khasiat buat tomat yaitu:

1. Wasir :
Merebus beberapa buah tomat yang sudah masak kedalam minyak kelapa selama lebih kurang 10 menit, lalu saring menggunakan sepotong kain. Tunggu sampai dingin lalu segera oleskan pada wasirnya.

2. Tekanan darah tinggi, mata merah :
Makan buah tomat segar 1-2 buah pada waktu pagi, sewaktu perut kosong.

3. Memar akibat terbentur :
Tim jus tomat yang ditambah dengan air jahe, lalu minum setelah dingin.

4. Luka Bakar :
Gunakan irisan tomat segar, atau hancurkan daun tanaman tomat dan diletakkan pada luka atau luka bakar.

5. Radang usus buntu, sakit kuning :
Minum jus tomat, sehari tiga kali, masing-masing satu cangkir. Tetap berkonsultasi dengan dokter.

6. Jerawat :
Tambahkan 25 ml alkohol 70% pada jus tomat (100 ml), lalu kocok merata. Gunakan campuran untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan 2-3 kali sehari. atau gunakan sebagai masker, caranya jus tomat dicampur dengan satu sendok teh yogurt tawar. Gunakan masker selama kurang lebih 10 menit lalu bersihkan wajah dengan air.

7. Demam :
Pengobatan tradisional Cina membuktikan, tomat mempunyai khasiat pereda demam (antipiretik) dan penawar racun (detoksikan). Cuci tomat masak (tiga buah), lalu potong-potong seperlunya. Lumatkan dalam setengah cangkir air masak dan satu sendok makan madu murni. Peras dan saring, lalu minum. Lakukan tiga kali sehari. Penderita diabetes melitus dilarang menambahkan madu murni agar kadar glukosa darah tidak meningkat.

8. Radang gusi, gusi berdarah :
Cuci buah tomat yang sudah masak, lalu makan mentah. Lakukan sehari dua kali, selama kurang lebih satu bulan.

9. Sakit Tenggorokan :
buatlah jus tomat dengan air hangat lalu jadikan obat kumur. Tomat sangat baik sebagai anti-inflamasi dan menenangkan.

10. Sariawan, ulkus di rongga mulut : Potong-potong buah tomat yang sudah masak (dua buah), lalu masak dengan ikan segar. Setelah dingin, makan. Lakukan setiap hari selama 1--2 minggu sampai tampak perbaikan.

11. Meningkatkan nafsu makan :
Minum jus tomat satu jam sebelum makan.

12. Lemas karena kadar glukosa darah rendah :
Minum jus tomat segar.

13. Pencegahan kanker dan jantung :
Tomat yang dimasak, seperti direbus, saus tomat, dan tomat yang berada dalam masakan, seperti sup, menyebabkan likopen pada tomat lebih mudah diserap sehingga lebih berkhasiat untuk mencegah kanker prostat dan penyakit jantung.

14. Kesehatan rambut :
tomat dijus tanpa air, oleskan jus tomat dari kulit kepala hingga ujung rambut, diamkan 30 menit, keramas dan bilas hingga bersih. Hal ini berkhasiat dalam penyeimbangkan PH rambut yang basah, Menghilangkan bau rambut, Menghilangkan bahan kimia dari kolam renang di rambut, Membuat warna rambut lebih berkilau, Mencegah dan menyembuhkan kerontokan. Catatan: Tidak boleh sering dipakai karena tomat menggandung asam, Menggunakan tomat segar terlalu sering akan mengeringkan rambut, Diajurkan 1 kali 2 minggu ketika rambut rusak, Hanya gunakan tomat segar 1 kali dalam 2 bulan ketika rambut sudah sehat


1 comment: